Thursday, February 23, 2012

OOP !!!! (Pemrograman Berorientasi Objek)

 1.  Perbedaan konsep Pemrograman Terstruktur dengan Pemrograman Berorientasi Obyek adalah di dalam pemrograman terstruktur struktur data dan fungsi didefinisikan secara terpisah dan tidak berhubungan secara erat sedangkan pemrograman beroientasi objek setiap objek adalah entitas tunggal yang memiliki kombinasi struktur data dan fungsi tertentu.

Contoh :

Pemrograman berorientasi objek :

           #include <iostream.h>

           #include <conio.h>

           #include <string.h>



           struct buku {

            char judul[35];

          char pengarang[25];

           int jumlah;

           };



          void main() {

          clrscr();

          buku novel;

                 

        strcpy(novel.judul,"Pemrograman Berorientasi Object");

    strcpy(novel.pengarang,"Abdul Kadir");

    novel.jumlah = 12;



    cout<<novel.judul<<endl;

    cout<<novel.pengarang<<endl;

    cout<<novel.jumlah<<endl;

}



                Pemrograman tersetruktur :

 Const

     Gaji:=200000;

     Pph:=0.1;

     Nama:=’Senopati Pamungkas’;

     Begin

     Writeln(‘Nama Pegawai      : ‘,nama);

     Writeln(‘Gaji Pokok           : ‘,gaji);

     Writeln(‘Pajak                   : ‘,Pph);

      End.







2.       Pengertian istilah :

a.       Kelas adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi – fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi objek.

b.      Obyek adalah membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

c.       Inheritence (pewarisan) adalah salah satu bentuk penggunaan kembali perangkat lunak dimana suatu kelas baru dibuat dari kelas yang sudah ada dengan memakai variabel data fungsi (method) dari kelas yang sudah ada tersebut serta menambah atribut/pelaku yang baru, kelas baru otomatis memiliki variabel atau fungsi yang dimiliki kelas asal.

d.      Public adalah digunakan apabila objek tersebut diperuntukkan untuk semua class yang artinya objek tersebut dapat digunakan oleh semua class yang berkaitan dengan objek tersebut.

e.      Protected adalah hanya bisa digunakan untuk class tersebut dan class turunannya yang dapat menggunakan objek dengan modifier tersebut.

3. Pengertian potongan program C++ berikut adalah :


     Class Buku {


                                private :

                                                char judul[35];

                                                char pengarang[35];

                                                int jumlah;

                                public :

                                                Buku (char *Judul);

                                                Buku (char *Judul, char *Pengarang);

                                                Buku (char *Judul, char *Pengarang, int Jumlah);

                                                Void info();

};



Sebuah classl yang memiliki objeck buku dengan anggota kelas yang private berarti anggota kelas tersebut tidak bisa diakses oleh kelas lain dan anggota kelas public yang berarti bisa di akses oleh kelas lainnya.

                                Void main () {

                                                clrscr ();

                                                Buku novel1(“Novel1”);

                                                Buku novel2(“Novel2”, “Pengarang2”);

                                                Buku novel3(“Novel3”, “Pengarang3”, 1C);

                                                novel1.info();

                                                novel2.info();

                                                novel3.info();

}

                       Digunakan untuk menampilkan isi dari program yang si buat.

Bersambung....

Buat teman temanku tersayang.... yang ingin copas, mohon beberapa bagian di buat berbeda misalnya contoh and so on...

trims...

No comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar anda, namun tetap harus menjaga kesopanan.